Aturan Dalam Bermain Takraw

Assalamualaikum sobat setia seputar olahraga, dan mimin kali ini akan coba membagikan sebuah artikel dimana tentang aturan dalam bermain sepak takraw, untuk teman teman mungkin yang belum tau apa saja aturan dalam bermain sepak takraw, dan jangan lama lagi mari kita simak artikel nya di bawah ini

Sepak takraw dimana ssalah satu olahraga yang dilakukan dengan cara mengandalkan kaki dan juga kepala. Permainan takraw ini yang sempat terkenal di Tahun 90an ini kurang begitu diminati mengingat untuk saat ini banyak cabang olahraga yang lebih menarik. Salah satu faktornya karena memang sistem pertandingan sepak takraw yang cukup sulit untuk dimainkan dibandingkan dengan jenis olahraga dari cabang lain sehingga hanya pemain berbakat yang mampu melakukannya dengan baik. Ditambah lagi dengan adanya peraturan sepak takraw terbaru yang bisa saja terus berubah sehingga menjadikan permainan ini pun jarang di ekspos.

olahraga sepak takraw ini harus mempunyai keahlian khusus di bagian kaki dan kepala agar bisa menguasai permainan. Memang beberapa orang menjalankan olahraga sepak takraw dengan alasan hobi. Akan tetapi ada pula yang menekuninya agar bisa menjadi atlet sepak tekraw professional karena banyak diselenggarakan turnamen untuk olahraga sepak takraw baik untuk tingkat daerah, nasional hingga Internasional.

Dan dimana inilah aturan untuk saat ini dalam bermain sepak takraw, mari simak artikel nya di bawah ini :

Ukuran Lapangan => Ukuran lapangan sepak takraw yang ideal yaitu mempunyai panjang 13,40 meter dan lebar 6, 10 meter, Mempunyai tinggi atap ruangan 8 meter, pada keempat sisi lapangan harus terbebas dari hambatan kurang lebih 3 meter yang ditandai dengan garis pinggir dengan menggunakan cat yang lebarnya 3 cm, posisi titik tengah lingkaran berjarak 4,25 meter yang diukur dari garis tengah lapangan. 2,4k meter yang diukur dari garis belakang, 3,05 meter yang diukur dari garis samping dan radius lingkaran 30 cm yang diukur pada sebelah dalam.

Pergantian Pemain => Atas permintaan tim manager/pelatih, seorang pemain dapat diganti oleh pemain cadangan dengan melapor kepada ketua wasit dan pergantian dilakukan sewaktu bola mati, masing-masing regu diperbolehkan mengganti pemain dua kali setiap set dan di set berikutnya bisa melakukan pergantian lagi, pemain yang mendapat kartu merah dari wasit, dapat diganti oleh pemain cadangan, dengan catatan bahwa belum ada pergantian pemain pada set yang sementara berlangsung, dalam pertandingan tim, seorang pemain yang pernah main dalam satu regu, baik itu menjadi pemain utama ataupun cadangan, tidak diperbolehkan main lagi dalam regu lain, meskipun hanya sebagai pemain pengganti atau cadangan, apabila satu regu bermain kurang dari tiga orang, maka permainan tidak boleh dilanjutkan lagi dan regu tersebut dianggap kalah, regu yang sebelumnya telah melakukan pergantian pemain pada set yang sementara berlangsung sebanyak dua kali, kemudian salah satu pemainnya mendapat kartu merah dari wasit, maka regu tersebut tidak dapat lagi melanjutan permainan.

Tinggi Net => Untuk putra berukaran tinggi net 1,55 meter dipinggir dan minimal 1,52 meter ditengah, sedangkan untuk putri iinggi net 1,45 meter dipinggir dan minimal 1,42 meter ditengah, dan dimana kedudukan tiang 30 cm di luar garis pinggir

Bola => Bola Takraw terbuat dari plastik ( sytetic fibre ) dimana awalnya adalah terbuat dari rotan, lingkaran untuk putra 42-44 cm dan sedangkan untuk putri 43-45 cm, dengan berat 170-189 gr untuk putra dan 150-160 gr untuk putri.

Posisi Pemain => Sebelum pertandingan dimulai, kedua regu harus berada di lapangan masing-masing dalam posisi siap main, dalam melakukan servis (sepak mula), salah satu kaki tekong berada dalam lingkaran servis, dan kaki satunya berada diluar lingkaran, kedua apit harus berada dalam garis seperempat garis lingkaran, lawan bebas mengambil posisi sepanjang masih di dalam lapangan

Undian dan Pemanasan => Sebelum permainan dimulai, wasit melakukan undian untuk menentukan regu mana yang pertama melakukan servis , selanjutnya masing-masing regu diberikan kesempatan melakukan pemanasan selama 2 menit yang didahului oleh pemenang undian.

Seragam Pemain => Semua pemain diharuskan memakai pakaian seragam kaos yang berlengan dan sepatu karet khusus, dalam cuaca dingin pemain diperkenankan memakai tracksut, semua kaos pemain diharuskan dilengkapi dengan nomor punggung, ukuran tingginya tidak kurang dari 19 cm dan nomor punggung pemain tetap, kapten regu harus memakai ban kapten pada lengan sebelah kiri, Pemain dilarang menggunaka peralatan ataupun aksesoris yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun lawan, pemain putri memakai celana pendek sampai sebatas lutut.

Perhitungan Angka => Apabila penerima servis melakukan kesalahan otomatis akan memperoleh angka sekaligus melakukan sepak mula lagi bagi penyepak mula, angka kemenangan setiap set maksimum 15 angka. Pada saat posisi angka 14-14, maka regu yang mencapai poin 16 terlebih dahulu adalah pemenang set, regu pemenang adalah regu yang memenangkan 2 set terlebih dahulu, tiap regu berhak mengambil sepak awal sebanyak 3 kali berurutan, sistem perhitungan angka menggunakan Rally Poin.

Mengoper Bola => Memindahkan bola dari/ ke lawan, bolanya harus digulirkan di lantai untuk diberikan pada apit pelambung pemain lawan.

Pergantian Servis => Pergantian servis berlaku setelah regu yang melakukan servis telah melakukan sebanyak tiga kali, maka servis harus berpindah ke regu lawan, masing-masing regu berhak melakukan servis sebanyak tida kali, setelah itu terjadi perpindahan servis.

Kesalahan Kedua Regu => Ada pemain yang mengambil bola dilapangan lawan, menginjak dan melewati satu telapak kaki garis tengah. ada pemain yang melewati lapangan lawan, walaupun diatas atau dibawah net kecuali pada saat ”The Follow Trugh Ball”, Memainkan bola lebih dari tiga kali. Bola mengenai tangan, menahan atau menjepit bola antara lengan dan badan atau antara dua kaki dengan bola.

Dengan memperhatikan perkembangan olahraga sepak takraw sekarang ini, besar harapan prestasi cabang olahraga sepak takraw dimasa mendatang cukup cerah, karena olahraga ini sudah mulai diperhatikan oleh berbagai pihak walaupun belum seperti cabang olahraga lainnya. Semoga prestasi dibidang olahraga sepak takraw ini sudah bisa ditingkatkan lebih baik lagi dan untuk itu semua pihak harus mendukung olahraga ini agar bisa berkembang dan banyak generasi muda yang bisa mengukir prestasinya dibidang olahraga ini maupun yang lainnya.

Itulah info tentang aturan dari peramain bola takraw, dan mimin harap sih semoga artikel ini bisa membantu teman teman yang dimana belum mengetahui aturan yang ada didalam bola takraw ini. JIka memang ada kekurangan aturan yang ada di atas, teman teman bisa tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *